Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel Explanatory: Sequential Approach

 Nama : Ayu Wiji Eksanti

NIM : 220321603827


Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel 


1

Judul Artikel

Teacher–Student Relationship Quality and Student Engagement: A Sequential Explanatory Mixed-Methods Study

2

Penulis

Robert Thornberg, Camilla Forsberg, Eva Hammar Chiriac, dan Ylva Bjereld

3

Tahun Terbit

2022

4

Tujuan

Menguji hubungan antara kualitas hubungan guru-siswa dan keterlibatan siswa (dalam dimensi afektif dan perilaku) dengan pendekatan mixed methods

5

Metode

Pendekatan sequential explanatory mixed methods

6

Teknik Analisis

  • Kuantitatif: Analisis regresi hirarkis untuk memprediksi keterlibatan siswa berdasarkan kualitas hubungan guru-siswa

  • Kualitatif: Pengkodean konstruktivis (pengkodean awal, fokus, dan teoritis) untuk memahami persepsi siswa

7

Instrumen Penelitian

  • Survei untuk mengukur kualitas hubungan guru-siswa dan keterlibatan siswa menggunakan skala 5 poin

  • Panduan wawancara semi-terstruktur untuk fase kualitatif

8

Hasil dan Pembahasan

  • Fase kuantitatif:

Kualitas hubungan guru-siswa secara signifikan memprediksi keterlibatan siswa satu tahun kemudian, bahkan setelah mengontrol jenis kelamin, usia, dan keterlibatan siswa sebelumnya. Hubungan antara kedua variabel bersifat unidirectional (kualitas hubungan mempengaruhi keterlibatan, bukan sebaliknya)

  • Fase kualitatif:

Perspektif siswa menyoroti pentingnya karakteristik pribadi guru (baik, peduli, adil) dan metode pengajaran untuk keterlibatan mereka. Faktor utama yang muncul: “teacher being” (karakteristik pribadi) dan “teacher doing” (strategi pengajaran dan manajemen kelas)

9

Kesimpulan

Berdasarkan  hasil  analisis  data  maka  dapat  disimpulkan  kualitas hubungan guru-siswa adalah prediktor signifikan untuk keterlibatan siswa dalam jangka panjang. Guru yang peduli, mendukung, dan efektif dalam pengelolaan kelas berperan penting dalam menciptakan iklim sekolah yang positif

10

Kelemahan

Rentang waktu penelitian hanya satu tahun dengan dua titik pengukuran; ukuran sampel kecil, tidak ada reliabilitas antar-pengkode; potensi bias dari tekanan kelompok dalam wawancara dan generalisasi terbatas karena lokasi penelitian di dua sekolah di Swedia

11

Novelty

Dalam artikel ini kebaharuan yang dilakukan yaitu menggabungkan analisis longitudinal dan perspektif siswa secara kualitatif untuk memahami hubungan antara guru-siswa dan keterlibatan siswa dan menyoroti sifat unidirectional dari hubungan guru-siswa terhadap keterlibatan siswa, memberikan pandangan baru pada penelitian sebelumnya yang sebagian besar bersifat cross-sectional

12

Link Artikel

Full article: Teacher–Student Relationship Quality and Student Engagement: A Sequential Explanatory Mixed-Methods Study 



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAKIKAT PENELITIAN (MACAM-MACAM PENELITIAN DAN ASUMSI PENELITIAN)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Instrumen Penelitian)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Kualitatif)