Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Instrumen Penelitian)
- Get link
- X
- Other Apps
Nama : Ayu Wiji Eksanti
NIM : 220321603827
Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel
1 | Judul Artikel | Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif |
2 | Penulis | Ardiansyah, Risnita, M.Syahran Jailani |
3 | Tahun Terbit | 2023 |
4 | Tujuan | Untuk membahas tentang teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. |
5 | Metode | Kajian pustaka |
6 | Teknik Analisis | Mengumpulkan beberapa literatur sesuai topik |
7 | Instrumen Penelitian | dokumentasi |
8 | Hasil dan Pembahasan | Menjelaskan metode penelitian kualitatif,kuantitatif, perbandingan Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, pengembangan instrumen dan kalibrasi instrumen |
9 | Kesimpulan | Kesimpulan dalam makalah ini yaitu; (1) Teknik Pengumpulan Data penelitian kualitatif menggunakan teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi kasus, dan fokus grup. Teknik ini memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang pandangan, pengalaman, dan persepsi responden sedangkan Penelitian kuantitatif menggunakan teknik pengumpulan data seperti angket atau kuesioner, observasi terstruktur, eksperimen, dan studi survei. Teknik ini memungkinkan peneliti untuk mengumpulkan data dalam bentuk angka atau statistik yang dapat dianalisis secara kuantitatif. (2) Instrumen Penelitian kualitatif menggunakan instrumen penelitian seperti panduan wawancara, daftar periksa observasi, pedoman studi dokumentasi, rencana studi kasus, dan panduan fokus grup. Instrumen ini membantu peneliti dalam mengarahkan proses pengumpulan data dan memastikan konsistensi dalam pengumpulan informasi, sedangkan Penelitian kuantitatif menggunakan instrumen penelitian seperti angket atau kuesioner, daftar periksa observasi terstruktur, instrumen pengukuran dalam eksperimen, dan kuesioner survei. Instrumen ini dirancang untuk mengumpulkan data dalam bentuk angka atau skor yang dapat dianalisis secara statistik. (3) Validitas instrumen mengacu pada sejauh mana instrumen pengukuran dapat mengukur dengan tepat variabel yang ingin diukur. Validitas dapat dilihat dari validitas isi, validitas kriteria, dan validitas konstruk instrument. (4) Reliabilitas instrumen mengacu pada konsistensi dan kestabilan instrumen dalam menghasilkan hasil yang sama jika diukur ulang dalam situasi yang sama. Reliabilitas dapat dilihat melalui uji ulang, konsistensi internal, dan konsistensi antar-penilai instrument. (5) Pengembangan instrumen penelitian dan kalibrasi instrumen sangat penting untuk memastikan keandalan dan keabsahan data yang dikumpulkan. Validitas dan reliabilitas instrumen harus diperhatikan secara serius dalam setiap penelitian, baik itu kualitatif maupun kuantitatif. Dengan memahami teknik pengumpulan data yang sesuai, memilih instrumen yang tepat, dan memvalidasi serta mengukur reliabilitas instrumen, peneliti dapat menghasilkan data yang akurat dan dapat diandalkan. Hal ini akan berkontribusi pada penelitian yang berkualitas dan mendukung pembangunan ilmu pengetahuan. |
10 | Kelemahan | Tidak menyebutkan berapa jurnal atau buku yang digunakan. |
11 | Novelty | Dalam artikel ini kebaharuan yang dilakukan tidak ada dikarenakan hanya memberikan pembahasan literatur saja. |
12 | Link Artikel | https://ejournal.yayasanpendidikandzurriyatulquran.id/index.php/ihsan/article/view/57 |
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment