Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel Exploratory: Sequential Approach

 Nama : Ayu Wiji Eksanti

NIM : 220321603827


Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel 


1

Judul Artikel

Innovation Management Of The Leading Program In Improving The Quality Of Graduates (Sequential Exploratory Design Mix Method Study At MAN 2 Kudus)

2

Penulis

Ambarwati, Prim Masrokan M., Nur Efendi, dan Samsul Mu’arif

3

Tahun Terbit

2024

4

Tujuan

Untuk mengidentifikasi kualitas lulusan program unggulan akademik dan riset di MAN 2 Kudus, mengungkap inisiasi, implementasi, dukungan, dan evaluasi dari program unggulan dalam meningkatkan kualitas lulusan serta menganalisis pengaruh manajemen inovasi program unggulan terhadap kualitas lulusan.

5

Metode

Metode campuran (mixed methods) dengan desain sequential exploratory

6

Teknik Analisis

  • Kuantitatif: Analisis dengan Smart PLS (Partial Least Squares) untuk menguji hipotesis dan hubungan antar variabel.

  • Kualitatif: Model analisis interaktif untuk memahami fenomena secara mendalam.

7

Instrumen Penelitian

  • Kualitatif: Panduan wawancara, catatan observasi, dan dokumentasi terkait pelaksanaan program unggulan.

  • Kuantitatif: Kuesioner yang mencakup dimensi kualitas lulusan (kompetensi pengetahuan, sikap, dan keterampilan).

8

Hasil dan Pembahasan

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas lulusan dari program unggulan akademik dan riset di MAN 2 Kudus dapat dikategorikan baik, dengan rata-rata skor pencapaian sebesar 81,49%. Kompetensi pengetahuan mencapai 80,51%, kompetensi sikap 86,46% (sangat baik), dan kompetensi keterampilan 79,50%. Keberhasilan ini ditopang oleh manajemen inovasi program unggulan yang meliputi beberapa tahapan penting. Pada tahap inisiasi, program dirancang melalui formulasi kelas bilingual dan riset, dengan penyesuaian potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada. Implementasi program mencakup pembagian kelas berdasarkan spesialisasi, penambahan materi pendukung, serta pelatihan riset yang terintegrasi dalam kurikulum dan ekstrakurikuler. Dukungan infrastruktur yang memadai, keberadaan pengajar berkompetensi tinggi, dan kolaborasi dengan mitra riset menjadi faktor penunjang utama keberhasilan program. Selain itu, evaluasi secara berkala dilakukan untuk menilai efektivitas setiap tahapan, mulai dari inisiasi hingga implementasi. Secara kuantitatif, analisis menunjukkan bahwa manajemen inovasi program unggulan memiliki pengaruh signifikan terhadap peningkatan kualitas lulusan. Temuan ini menegaskan bahwa strategi inovatif yang terstruktur dan berkelanjutan mampu menciptakan lulusan yang unggul dalam berbagai kompetensi, baik di bidang akademik maupun riset.

9

Kesimpulan

Berdasarkan  hasil  analisis  data  maka  dapat  disimpulkan  manajemen inovasi program unggulan akademik dan riset di MAN 2 Kudus terbukti meningkatkan kualitas lulusan secara signifikan. Keberhasilan ini didukung oleh perencanaan yang terstruktur, pelaksanaan yang berorientasi hasil, serta evaluasi berkelanjutan

10

Kelemahan

Fokus penelitian hanya pada satu institusi (MAN 2 Kudus), sehingga generalisasi terbatas. Data kuantitatif cenderung deskriptif tanpa pembahasan mendalam terkait faktor eksternal yang mempengaruhi hasil.

11

Novelty

Dalam artikel ini kebaharuan yang dilakukan pendekatan berbasis riset yang terstruktur menghasilkan lulusan dengan kompetensi akademik dan inovasi produk yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

12

Link Artikel

View of Innovation Management Of The Leading Program In Improving The Quality Of Graduates (Sequential Exploratory Design Mix Method Study At MAN 2 Kudus) 



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAKIKAT PENELITIAN (MACAM-MACAM PENELITIAN DAN ASUMSI PENELITIAN)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Instrumen Penelitian)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Kualitatif)