Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Teknik Analisis Kualitatif)
- Get link
- X
- Other Apps
Nama : Ayu Wiji Eksanti
NIM : 220321603827
Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel
1 | Judul Artikel | ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XII MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI |
2 | Penulis | Dinar Ibrahima, Rasiman, Rizky Esti Utami, Ami Ariyani |
3 | Tahun Terbit | 2024 |
4 | Tujuan | untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XII SMAN 11 Semarang materi aplikasi turunan fungsi trigonometri. |
5 | Metode | Pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. |
6 | Teknik Analisis | Teknik purposive sampling |
7 | Instrumen Penelitian | Tes kemampuan pemecahan masalah matematis. |
8 | Hasil dan Pembahasan | Berdasarkan tabel, rata-rata nilai hasil tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah 81, dari KKM mata pelajaran matematika wajib di sekolah adalah 75. Maka, dapat disimpulkan bahwa tingkat kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas XII MIPA 3 tergolong tinggi , namun ada beberapa peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan sedang dan rendah. |
9 | Kesimpulan | Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam materi aplikasi turunan fungsi trigonometri terbentuk dalam tiga kategori yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa tinggi, sedang dan rendah. Pada tahap memahami masalah, peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang dikategorikan mampu untuk menjalankan proses memahami masalah dengan baik. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah rendah hanya mampu menuliskan apa yang diketahui dari soal yang diberikan. Kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah terletak pada proses merencanakan strategi pemecahan masalah dan melaksanakan perhitungan. Kemudian pada tahap memeriksa kembali, peserta didik juga masih salah dalam melakukannya dan rata-rata peserta didik tidak melakukan pemeriksaan kembali. Berdasarkan hasil jawaban peserta didik dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas XII MIPA 3 memiliki rata-rata tinggi walaupun masih ada beberapa peserta didik yang kesulitan pada langkah menjalankan rencana penyelesaian dan melewati langkah memeriksa kembali jawaban yang telah dikerjakan. |
10 | Kelemahan | Tidak Memperhitungkan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti motivasi belajar, cara pengajaran guru, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar. Jika artikel ini tidak mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, maka hasil analisisnya mungkin kurang komprehensif. |
11 | Novelty | Dalam artikel ini kebaharuan yang dilakukan tidak ada. |
12 | Link Artikel | https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/23/23 |
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment