Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Teknik Analisis Kualitatif)

 Nama : Ayu Wiji Eksanti

NIM : 220321603827


Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel 


1

Judul Artikel

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XII MATERI APLIKASI TURUNAN FUNGSI TRIGONOMETRI

2

Penulis

Dinar Ibrahima, Rasiman, Rizky Esti Utami, Ami Ariyani

3

Tahun Terbit

2024

4

Tujuan

untuk  menganalisis  kemampuan pemecahan  masalah  peserta  didik  kelas XII  SMAN  11 Semarang  materi  aplikasi  turunan  fungsi  trigonometri.

5

Metode

Pendekatan  kualitatif  dengan  metode deskriptif kualitatif.

6

Teknik Analisis

Teknik purposive sampling

7

Instrumen Penelitian

Tes kemampuan pemecahan masalah matematis.

8

Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan  tabel,  rata-rata  nilai  hasil  tes  kemampuan  pemecahan  masalah peserta didik adalah 81, dari KKM mata pelajaran matematika wajib di sekolah adalah 75.

Maka, dapat  disimpulkan  bahwa  tingkat  kemampuan  pemecahan  masalah  peserta didik  di  kelas  XII  MIPA  3  tergolong tinggi , namun ada beberapa peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan sedang dan rendah. 

9

Kesimpulan

Berdasarkan  analisis  data  yang  telah  dilakukan,  kemampuan  pemecahan  masalah peserta  didik  dalam  materi  aplikasi  turunan  fungsi  trigonometri  terbentuk  dalam  tiga kategori yaitu kemampuan pemecahan masalah siswa tinggi, sedang dan  rendah. Pada tahap memahami masalah, peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dan sedang dikategorikan  mampu  untuk  menjalankan  proses  memahami  masalah  dengan  baik.  Peserta didik  dengan  kemampuan  pemecahan  masalah  rendah  hanya  mampu  menuliskan  apa  yang diketahui  dari  soal  yang  diberikan.  Kesulitan  peserta  didik  dalam  menyelesaikan  soal kemampuan  pemecahan  masalah  terletak  pada  proses  merencanakan  strategi  pemecahan masalah  dan  melaksanakan  perhitungan.  Kemudian  pada  tahap  memeriksa  kembali,  peserta didik  juga  masih  salah  dalam  melakukannya  dan  rata-rata  peserta  didik  tidak  melakukan pemeriksaan  kembali.  Berdasarkan  hasil  jawaban  peserta  didik  dapat  disimpulkan  bahwa kemampuan  pemecahan  masalah  peserta  didik  kelas  XII  MIPA  3  memiliki  rata-rata tinggi walaupun masih  ada  beberapa  peserta  didik  yang  kesulitan  pada  langkah  menjalankan rencana   penyelesaian   dan   melewati   langkah   memeriksa   kembali   jawaban   yang   telah dikerjakan.

10

Kelemahan

Tidak Memperhitungkan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti motivasi belajar, cara pengajaran guru, fasilitas belajar, dan lingkungan belajar. Jika artikel ini tidak mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, maka hasil analisisnya mungkin kurang komprehensif.

11

Novelty

Dalam artikel ini kebaharuan yang dilakukan tidak ada.

12

Link Artikel

https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/23/23 



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAKIKAT PENELITIAN (MACAM-MACAM PENELITIAN DAN ASUMSI PENELITIAN)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Instrumen Penelitian)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Kualitatif)