Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (RnD)

Nama : Ayu Wiji Eksanti

NIM : 220321603827


Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel 


1

Judul Artikel

Pengembangan E-module Berbasis Discovery Learning Berbantuan PhET Pada Materi Teori Kinetik Gas Untuk Mahasiswa

2

Penulis

Shinta Dewi Susanti, Muhammad Reyza Arief Taqwa, Sulur

3

Tahun Terbit

2020

4

Tujuan

Untuk menghasilkan produk E-module berbasis discovery learning pada mata pelajaran materi teori kinetik gas untuk mahasiswa, mengetahui tingkat kelayakan produk E-module berbasis discovery learning pada materi teori kinetik gas untuk mahasiswa. 

5

Metode

Research dan Development

6

Teknik Analisis

Statistik deskriptif

7

Instrumen Penelitian

Angket validasi dan angket keterbacaan

8

Hasil dan Pembahasan

Berdasarkan hasil analisis maka diperoleh validitas E-module validitas konten sebesar 88%, hasil validasi media sebesar 85,2%, hasil validasi bahasa sebesar 90%, dan secara keseluruhan sebesar 87,7% yang artinya produk masuk dalam kriteria sangat valid. Dari semua uji validitas E-module berbasis Discovery Learning berbantuan PhET diperoleh nilai persentase paling tinggi 93% pada bagian materi, hal ini terjadi karena materi disajikan secara lengkap, sesuai dengan indikator tujuan untuk mahasiswa serta uji keterbacaan E-module ini memperoleh hasil rata-rata yang bagus sehingga produk ini dalam kategori layak.

9

Kesimpulan

Penelitian ini menghasilkan produk berupa E-module berbasis Discovery Learning pada mata pelajaran materi teori kinetik gas untuk mahasiswa dengan kategori layak. Berdasarkan validasi oleh ahli diperoleh hasil sebesar 87,7% yang artinya produk masuk dalam kriteria sangat valid dan Uji keterbacaan diperoleh hasil rata-rata keterbacaan sebesar 96,4% termasuk dalam kategori terbaca yang artinya secara keseluruhan produk dalam kategori layak.

10

Kelemahan

Terdapat beberapa kelemahan yang diidentifikasi terkait dengan pengembangan E-module berbasis Discovery Learning. Salah satu kelemahan yang disebutkan adalah pada bagian peta konsep, yang memperoleh nilai terendah sebesar 83%. Hal ini disebabkan oleh peta konsep yang disusun menurut komentar ahli belum dapat membangun body of knowledge mahasiswa dan belum menjelaskan keterkaitan antar konsep dengan baik .


Selain itu, meskipun E-module secara keseluruhan dinyatakan layak dan memiliki tingkat keterbacaan yang tinggi, ada kemungkinan bahwa beberapa aspek dari modul tersebut masih perlu diperbaiki untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa secara menyeluruh


11

Novelty

Dalam artikel ini ada kebaharuan yang dilakukan yaitu mengembangkan E-module berbasis discovery learning yang dipadukan dengan PhET, disebut pembaharuan karena pada penelitian terdahulu yang dilakukan Saidah (2018) yang mengembangkan E-module android pada materi Teori Kinetik Gas menggunakan software Adobe Animate CC masih belum dipadukan menggunakan model pembelajaran dan PhET.

12

Link Artikel

https://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/2234/pdf 

Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAKIKAT PENELITIAN (MACAM-MACAM PENELITIAN DAN ASUMSI PENELITIAN)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Instrumen Penelitian)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Kualitatif)