Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Kuantitatif)

 Nama : Ayu Wiji Eksanti

NIM : 220321603827


Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel 


1

Judul Artikel

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI

2

Penulis

Savilla Nadya Saharani, Khusaini, Sulur

3

Tahun Terbit

2024

4

Tujuan

Untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa karena penerapan model pembelajaran Flipped Classroom.

5

Metode

Penelitian kuantitatif 

6

Teknik Analisis

Desain The One Group Pretest Posttest Design.

7

Instrumen Penelitian

Tes menggunakan google formulir

8

Hasil dan Pembahasan

Terdapat perubahan rata-rata nilai dari pretest dan posttest siswa atau sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Nilai rata-rata dari keterampilan pemecahan masalah siswa tersebut meningkat dari pretest ke posttest yang ditunjukkan dengan skor rata-rata posttest siswa jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan skor rata-rata pretest. Berdasarkan hasil analisis uji paired sample t-test dengan taraf signifikansi 5% didapatkan 𝑑 β„Žπ‘–π‘‘π‘’π‘›π‘”>𝑑 π‘‘π‘Žπ‘π‘’π‘™ sebesar 6,45 > 2,03 sehingga 𝐻0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan pemecahan masalah siswa sebelum dan setelah pembelajaran, dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah sebesar 35%.


9

Kesimpulan

Model pembelajaran Flipped Classroom dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa dan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah diberi perlakuan berada dalam kategori sedang. 

10

Kelemahan

Metode Pembelajaran yang Terbatas, artikel menyebutkan bahwa banyak guru masih menggunakan metode konvensional yang membuat siswa menjadi pasif. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada upaya untuk menerapkan model pembelajaran yang lebih baik, masih ada tantangan dalam penerapan metode yang lebih interaktif dan efektif di kelas.

11

Novelty

Dalam artikel ini ada kebaharuan yang dilakukan masih kurang dikarenakan hanya mencoba menerapkan dan membuktikan apa pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom pada materi fluida statis dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa.

12

Link Artikel

https://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/5426  



Comments

Popular posts from this blog

MAKALAH HAKIKAT PENELITIAN (MACAM-MACAM PENELITIAN DAN ASUMSI PENELITIAN)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Instrumen Penelitian)

Analisis Kritis Artikel Penelitian dan Novelty Artikel (Kualitatif)